Bacaan Do'a Iftitah di Dalam Shalat Komplit Arab dan Latin

Mari Salaman - Do'a Iftitah adalah sebuah do'a yang harus kita baca didalam melaksanakan shalat. Baik itu shalat wajib taupun shalat sunnah. Do'a ini dibaca pada reka'at pertama, yang tepatnya setelah kita melakukan takbiratul ihram dan sebelum kita membaca surat Al-Fatihah.

Do'a Iftitah


Do'a Iftitah sendiri di dalam Islam ada beberapa versi. Itu tergantung dari kita, ingin memilih yang mana yang ingin kita amalkan di dalam shalat. Karena pada dasarnya semuaa do'a yang ada di dalam Islam tidak ada yang buruk.

Mungkin saja saat ini dari pembaca yang saat ini tengah mencari referensi maupun mencari tahu tentang do'a iftitah tersebut, berikut akan kami hadirkan do' tersebut dalam dua versi. Untuk mempermudah dalam anda membaca dan menghafalkannya, kami sertakan pula cara membaca dalam tulisan Latin.

Berikut adalah bacaan do'a Iftitah, sebuah do'a yang harus kita baca di lama shalat :

1. Versi Pertama

Do'a Iftitah

ALLAAHUAKBAR, KABIIRAW WALHAMDULILLAAHI KATSIIRA WASUBHAANALLAAHIBUKROTAW WA ASHIILA, INNI WAJJAHTU WAJHIYA LILLADZII FATHOROSSAMAA WAATIWAL ARDL, HANIIFAMMUSLIMAU WAMAA ANAA MINAL MUSYRIKIIN. INNA SHOLAATII WANUSUKII WAMAHYAAYA WAMAMAATII LILAAHIROBBIL 'AALAMIIN, LAA SYARIKALAH, WABIDZA LIKA UMIRTU WA ANAA MINAL MUSLIMIIN

Artinya : "Allah Maha Besar dengan Sebesar-besarnya. Segala puji yang sebanyak-banyaknya bagi Allah. Maha Suci Allah pada pagi dan petang hari. Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri.Dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang menyekuukanNya. Sesungguhnya shalatku, ibadahku hidup dan matiku hanyalah kepunyaan Allah, Tuhan semesta alam. Yang tiada satupun sekutu bagiNya. Dengan semua itulah sku diperintahkan dan akau adalah termasuk orang-orang yang berserah diri (muslim)."

2. Versi Kedua

Do'a Iftitah







ALLAHUMMA BAA'ID BAINII, WABAINA KHOTHOOYAA KAMAA BAA'ATTA BAINALMASYRIQI WAL MAGHRIB, ALLAHUMMA NAQQINII MINAL KHOTHOOYAA KAMAA YUNAQQOTSAUBUL ABYADLU MINADDSNAS, ALLAHUMMAGHFIRLII KHOTHOOYAA YABILMAA I WASTALJI WAL BARAD

Artinya :" Ya ALlah, jauhkanlah anrata aku dan kesalahanku sebagaimana Engkau telah menjauhkan antar timur dan barat. Ya Allah, sucikanlah kesalahanku sebagaiman pakaian ynag putih disucikan dari kotoran. Ya Allah, cucilah kesalahanku dengan salju dan air dingin."

Demikianlah bacaan Doa Iftitah, dimana adalah sebuah do'a yang harus kita baca didalam kita melakukna shalat. Semoga apa yang Mari Salaman sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Amiin Yaa Robbal 'alamiin.

Comments

Popular posts from this blog

Bacaan Serta Manfaat Do'a Sesudah Sholat,Lengkap Huruf Arab dan Latin

Bacaan Do’a Untuk Kedua Orang Tua Arab dan Latin

Al-Qur'an | Inilah Beberapa Keutamaan Membaca Al-Qur'an